Tumbuhnya neososialisme dan semakin derasnya arus kapitalisasi dunia ketiga

Belakangan ini pemikiran neososilaisme berkembang cukup pesat di Indonesia. Indikatornya, dapat kita lihat di berbagi rubrik opini majalah dan surat kabar tulisan-tulisan yang berbau “kiri” tumbuh subur. Di lingkar-lingkar diskusi kampus pemahaman kiri juga menjadi isu yang hangat diperbincangkan.
Ada berbagai alsan mengapa pemikiran kiri neososialisme tumbuh subur di Indonesia.

Yang pertama adalah sejak runtuhnya orde baru, paham-paham kiri diberi jalan yang lebih longgar untuk tumbuh dan berkembang. Andai kita masih berada di bawah rezim soeharto, maka jangan berharap tulisan-tuliaan yang berbau sosialis progresif bisa numpang di surat kabar. Bisa-bisa surat kabar atau majalah yang menerbitkannya dibredel layaknya Koran tempo.

Yang kedua adalah tampilnya ke permukaan Negara-negara yang dianggap pemegang teguh garis perjuangan sosialis. Mereka itu (terutama) adalah Negara-negara di kawasan amerika latin seperti Bolivia, Venezuela,chile, dan Negara-negara asia seperti iran dan China. Ketika Republik soviet runtuh di tahun 90an, kaum sosialis merasa kehilangan payung kuat untuk menghadang laju amerika dan Negara-negara kuat kapitalis. Komunis dianggap hancur dan tidak punya lagi masa depan. Penganut paham sosialis pun hidup dalam tekanan dan menunggu kebangkitan neososialisme. Maka ketika mao ze dong muncul di China (yang kemudian diteruskan oleh wen jia bao), penganut sosialis di kawasan Asia timur dan tenggara merasa memiliki pemimpin baru. di iran Mahmoud Ahmadinejad berhasil mengobarkan semangat anti amerika di kawasan asia tengah dan asia barat. Pun Hugo Chavez, Simon Bolivar, Fidel Castro, hingga Ernesto Guevara berhasil menggemakan semangat anti Amerika di seantero Amerika Latin. gerakan-gerakan sosialis tanpa dikomando bangkit kembali karena seperti mendapatkan semangat baru.

Yang ketiga dalah adanya perasaan senasib bangsa-bangsa dunia ketiga yang merasa terzalimi dan menjadi korban eksploitasi amerika. Perasaan senasib sepenanggungan ini bahkan melahirkan semboyan “musuh dari musuhku adalah kawanku”. Ketika Negara-negara di asia afrika merasa tereksploitasi oleh arogansi amerika , mka masyarakat di dunia ketiga merasa satu musuh dengan sosialisme yang memang sejak awal menjadi mainstream perlawanan terhadap amerika dan kapitalismenya.

Bahkan dengan alasan kesamaan nasib ini, belakangan muncul paham sosialis religius di kalangan aktifis pergerakan di kawasan Asia. Sosialis religius (sering disingkat SosRe) berusaha menjadi poros tengah diantara paham sosialis dan Religius untuk sama-sama membendung arus kapitalisasi dunia ketiga. Di Indonesia dapat kita lihat pergerakan beberapa anak muda Katholik progresif dan Islam progresif di kota-kota besar seperti Makassar, semarang, Surabaya dan Solo.

Saat ini, ketika arus globalisasi dan dan kapitalisasi begitu deras menghegemoni semua lini kehidupan masyarakat dunia ketiga, sangat terbuka peluang bagi paham neososialisme untuk tumbuh pesat dan menjadi arus utama perlawanan terhadap kapitalisme. Menarik untuk ditunggu sejauh mana pergerakan neososialisme mampu menjadi arus utama pergerakan pemuda kita.…
19 Responses
  1. AMey Says:

    hmmm...

    menarik u/ didiskusikan nih...

    klo dibuat poling, stujukah anda dgn neososialisme???

    brp banyak y, kira2 pendukungnya???


  2. fadlanous Says:

    boleh juga tuh me...
    sebagai anak myrc, bolehlah kanda ame ini mencoba meneliti kecenderungan itu...


  3. AMey Says:

    wahaha...

    smbarang kau.
    pake kanda2 sgala...tersinggung nih gw...

    btw, napa lu td?

    lg BT bgt yak???
    serem gw liatnya...

    cpt2 slese ya, masalah apapun itu.


  4. fadlanous Says:

    kemari tuh lagi ndag stabil hormon ku...
    mungkin gr2 baru bangun tidur
    hahahha


  5. fadlanous Says:

    bdw lo memang jauh lebih tua dari gw kan?
    jadi wajarlah kalo lu dipanggil kanda....


  6. AMey Says:

    heh...tambah tersinggungka' nah
    cm sdikit lebih tua ji.

    biar gw lahir maret, tp ttp aja 1990.stidaknya wkt sma gw masih menikmati keistimewaan lahir muda...
    tp di FK ini?
    ckckck...banyaknya yg 90 di?
    91 ada pula?
    bnr2 deh....

    knp g smua SMA sperti muthahhari sih?
    yg mlarang muridnya u/ akselerasi krn anak itu masih trlalu muda...meskipun dy udah bisa aksel secara otak.
    tp kn secara emosi g terjamin?
    g sayang kah mrk2 yg aksel, sm masa2 sma yg indah?

    hfff...i miss my sma so much...
    Hidup Muthahhari!!!
    (rasis dikit gpp kan?)


  7. AMey Says:

    oya, tidur itu kan trbagi jd tahap REM dan Non-REM.
    mgkn kmrn lu baru tidur dlm tahap NON-rem 1 kali..
    jd pas bangun jadi "buas"
    hahaha...

    gw inget ade gw,yg suka ngamuk klo dibangunin...hohoho...


  8. fadlanous Says:

    kalo waktu sma ku, justru tersiksa sekali kalo ketauan lebih muda. soalnya selalu dipanggil anak kecil sm yang laen...
    huhuhhuhuh
    kasianku...


  9. fadlanous Says:

    kalo waktu sma ku, justru tersiksa sekali kalo ketauan lebih muda. soalnya selalu dipanggil anak kecil sm yang laen...
    huhuhhuhuh
    kasianku...


  10. fadlanous Says:

    iya me... betul sekali itu. Makanya "draco dormien nunquam titilandus"


  11. AMey Says:

    wahaha...ko gitu sih? kan enak, jd lebih muda dikalangan org2 tua.

    ckckckckc..adek fadlan punya masa lalu surem juga y?
    hahaha, tp di kuliah lu g kliatan ky anak2 tuh, mana ada anak kecil sk diskusi, pulang larut malem?

    draco dormien nunquam titilandus??

    apaan tuh?
    nyontek kalimat dari harpot y?

    tnang2, penelitian gw slanjutnya:
    circardian Rythm...
    tunggu tanggal mainnya...
    doain yo!


  12. fadlanous Says:

    wooo... bedakan tua dengan dewasa mbak. tua atau muda itu masalah takdir, sedangkan kedewasaan itu masalah pilihan. Bukannya saya mau bilang saya lebih dewasa loh...


    circadian rhytm?
    materi yang bagus.. semangat aja bos. kapan lombanya?


  13. AMey Says:

    iya deh, iya, lu lebih dewasa dari gw.
    huhuu...tp bagus kan, scara takdir gw lebih tua, tp masih berjiwa muda..hohoho...

    gw brubah pikiran, skrg mau lanjutin penelitian soal teh dulu,
    circardian rythm...ntar aja, klo ada waktu..
    hehehe


  14. fadlanous Says:

    kan bisa jalan dua-duanya kan?



  15. fadlanous Says:

    lo pikir gwa kagak?


  16. AMey Says:

    iya deeeh...
    CALON KETUA BEM mah...
    mana mungkin g sibuuukkk...

    huhuuu...
    stress ka ini fadlan...
    sedih...
    g tau knp...


  17. fadlanous Says:

    duhhhh
    ame,

    kau itu diharap memberi spirit bagi orang2...
    knapa kau yang loyo?


  18. AMey Says:

    mau2nya gw dooong...
    ini kan krn gw cape kerja bwt ngurus dialog IMM nanti...
    soalnya di FK ada 3 immawan yg males bgt..
    g mau bantu2 Immawati yg sendirian ini.

    btw, bosan2ma ini koment di "tumbuhnya neososialisme dan semakin derasnya arus kapitalisasi dunia ketiga"

    lu nulis yg baru kek...