Kita tak butuh pemain dan pelatih yang hebat, kita butuh tim yang hebat!

"Real Madrid akan sukses, hanya jika mereka semua percaya bahwa bukanlah pelatih hebat atau kumpulan pemain hebat, tapi tim hebat lah yang akan memenangkan pertandingan"
Jose Mourinho

Bahkan seorang jose Mourinho, seorang pelatih hebat, yang memenangkan gelar liga Champion bersama Porto dan Inter Milan, memenangkan liga Inggris, Liga portugal, dan Liga Inggris, yang terkenal dengan sikap angkuh dan besar mulutnya juga percaya bahwa butuh tim kuat untuk untuk membangun kesuksesan.

berkaca dari persoalan yang dihadapi lembaga hari ini, mungkin benar bahwa hari ini butuh tim kuat. Tim yang kuat, bukan karena para pemainnya yang ber-skill, tapi timbul dari kerja sama yang bagus dan suasana tim yang kondusif. Mungkin kita semua masih ingat bagaimana Porto menjuarai Liga Champion tahun 2003. sebuah tim yang sangat biasa-biasa saja yangtidak punya sejarah kuat di daratan eropa, dan juga dihuni hanya oleh pemain-pemain kelas dua. tapi, kerjasama dan suasana tim yang kondusif kuat itulah yang menyebabkan Porto mampu menjuarai Liga Champion, mengalahkan MU, real madrid dan tim-tim bertabur bintang lain.

Di satu sisi, memang tim bertabur bintang punya potensi lebih dibanding tim-tim yang lain. tapi coba kita lihat, kenyataannya justru tim-tim elit tersebut tak mampu meredam ego kebesaran para pemain bintangnya. yang timbul malah perselisihan antar pemain dan membuat suasana tim menjadi tidak kondusif.

Jadi hari ini kita tak butuh seorang ketua BEM yang hebat. tapi kita butuh tim pengurus yang solid dan suasana berlembaga yang kondusif
0 Responses