mati lampu..

Bang One ngeluh, koq listrik mati terus? Tiap hari listrik mati terus. tak terhitung berapa alat-alat elektronik yang rusak gara-gara listrik mati-nyala. kerugian industria kibat listrik tak terhitung lagi.. Jadi listrik ini gimana sih?

Saya orang yang awam tentang masalah ke-energi-an di Indonesia, jadi jangan berharap bnayak dari tulisan ini. Tulisan ini hanya sedikit gambaran dari apa yang saya tahu entang krisis kelistrikan di Indonesia...



Krisis kelistrikan di Indonesia memang sangat rumit. Tapi setidaknya sya dapat melihat ada dua hal yang menjadi masalah dari pengelolaan kelistrikan di Indonesia. Yang pertama adalah masalah sistemik dan yang kedua adalah masalah di tubuh PLN sebagai pengelola listrik di Indonesia snediri.

Masalah sistemik yang saya maksud adalah tidak adanya political will dari pemerintah untuk segera mengakhiri masalah krisis kelistrikan. Usul-usul JK mengenai masalah kelistrikan seperti dipandang sebelah mata. Program listrik 10.000 MW yang dicanangkan oleh JK tak dikerja secara serius. Padahal hitung-hitungannya, untuk memacu ertumbuhan ekonomi smapai 7% per tahun, pembangunan power plant harus minimal 20% per tahun. Dengan masalah kelistikan yang kacau balau, mana mungkin investasi bisa berjalan?

Selain itu, harus kita tahu bahwa tiga puluh persen dari pembangkit listrik di Indonesia adalah PLTG yang menggunakan gas sebagai bahan bakarnya. Tapi apa yang terjadi? karena semua tambang-tambang gas yang ada di Indonesia dikuasai oleh asing, yang karena ingin untung besar tak mau menjual gas-nya ke PLN, PLTG-PLTG milik PLN terpaksa harus menggunakan solar! bayangkan kerugian yang harus ditanggung jika mesin-mesin yang harusnya menggunakan gas terpaksa diberi makan solar. Pemerintah sampai sekarang harus mensubsidi PLN 80-90 Triliun per tahun untuk membeli solar. belum lagi mesin yang cepat rusak gara-gara salah makan.

Di tubuh PLN sendiri, masih banyak ditemui praktik-praktik yang tidak profesional. Efektifitas`dan efisinsinya masih sangat memprihatinkan.
Jadi, apa yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah kelistrikan di INdonesia? di mata saya yang awam ini. Yang dibutuhkan adalah political will pemerintah!
0 Responses