kunci kebahagiaan

teman-teman, saya punya satu pertanyaan (sangat sederhana) yang harus teman jawab dengan jujur.
Waktu teman-teman masuk ruangan kuliah tadi pagi, apakah teman-teman masih ingat kaki mana yang masuk duluan, kiri atau kanan? atau, waktu tadi masuk ke warnet ini apa teman masih ingat, kaki mana yang masuk duluan?

Saya dengan sangat yakin akan menebak bahwa hampir semua jawaban teman-teman adalah "tidak ingat".
Pertanyaan ini mungkin sangat aneh (kalo ga mau dibilang ngawur), tapi saya hanya mencoba mengungkap sebuah fakta bahwa hampir semua dari kita tidak sedang sadar dengan apa yang kita lakukan, maksud saya adalah bahwa kita tidak benar-benar menikmati hal-hal (yang mungkin kita anggap sepele) dalam kehidupan ini. Kita terjebak dalam rutinitas-rutinitas yang membuat kita tidak mampu menyadari apa yang sedang kita lakukan. karena setiap hari kita melangkah ke dalam ruangan kuliah, karena setiap hari kita melangkah ke ruangan praktikum, PBL, CSL, kita menjadi lupa untuk menikmati setiap gerakan tubuh kita.

Kita secara perlahan-lahan telah menjadi robot bagi rutinitas kita sendiri! naudzubillah
Padahal kunci dari kebahagiaan sesungguhnya adalah kesadaran! sekali lagi kesadaran! ketika kita menyadari apa yang sedang kita lakukan, ketika kita menyadari apa yang sedang terjadi di sekeliling kita, kita telah membuka diri kita untuk menghirup kebahagiaan.
Seseorang pernah bertanya kepada Sang Budha Gautama tentang bagaimana Sang Budha merasakan kebahagiaan dalam hidupnya, lalu Sang Budha menjawab "kami berdiri, kami duduk, kami makan dan kami berjalan".
Lalu orang itu menyanggah, "tapi bukankah kami juga berdiri, duduk, makan dan berjalan seperti anda?".
Sang Budha menjawab, "ya, tapi ketika saya berdiri saya sadar bahwa saya sedang berdiri, begitu pula ketika makan ,duduk dan berjalan".

Teman-teman, cobalah untuk menyadari setiap langkah kita, setiap gerakan tubuh kita, setiap helaan nafas kita, bahkan setiap apa yang kita rasakan. Ketika anda sedang berjalan, sadarlah baahwa anda sedang berjalan, ketika anda sedang belajar sadarilah bahwa anda sedang belajar, bahkan ketika anda sedang marah, sedih atau senang, sadarilah bahwa anda sedang mengalami perasaan itu, sehingga apapun yang anda lakukan adalah murni di bawah kontrol pikiran anda. Dengan menyadari setiap apa yang kita lakukan , setiap apa yang kita rasakan, kita akan menjadi lebih bisa menikmati nikmat-Nya, dan kita akan menjadi lebih bahagia.
selamat mencoba!!
0 Responses